3.5.17

Make up : Nothing over IDR 100.000 (powder, eyeshadow, lipstick)


Bagian ketiga dari post untuk make up dibawah 100.000 rupiah! Untuk post ketiga ini akan membahas mengenai bedak, eyeshadow, dan lipstick ! Di post sebelumnya sudah membahas beberapa produk yang dibagi jadi dua bagian, bagian pertama adalah foundation, primer, dan concealer (bisa dicek disini) dan bagian kedua membahas blush, bronzer/contour, dan highlighter (bisa dicek disini)

DISCLAIMER! Semua rekomendasi yang ada disini full opini 100%, ngga ada sponsor, ngga ada apa-apa dan mungkin ngga cocok sama kulit/kebutuhan semua orang, jadi mohon pengertiannya. I am not an expert at skincare nor make up, so there is a chance that the product mentioned won't be compatible with your skin. I am just a simple make up and skin care enthusiast, and doing this as a hobby. All images in this post are from Google and not mine!

NOTE! hampir semua rekomendasi ini berasal dari shopee, pastikan ketika membeli di shopee untuk selalu baca notes/keterangan dari tiap seller untuk memastikan apakah produk yang dijual asli atau tidak, dan berhati-hati dengan penipuan! tips : cek rating/review dari seller dan jumlah produk yang dijual. Online shopper needs to be smart!

Powder

Untuk bedak, ada dua jenis bedak yang aku rekomendasiin di post ini, yaitu bedak pressed (biasa disebut compact powder) dan bedak tabur (disebut juga loose powder). Menurutku sendiri masing-masing jenis punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, seperti pressed powder lebih praktis dibawa kemana-mana dan bedak tabur lebih nggak kelihatan cakey. Tapi sebenernya semua balik ke bagaimana kita menggunakannya ya!

1. Rimmel Stay Matte Pressed Powder IDR 76.000
Mungkin banyak yang sudah tau produk ini sebelumnya, dan memang produk ini cukup terkenal di kalangan beauty blogger. Bedak ini diproduksi oleh produsen make-up di Inggris yang bernama Rimmel. Meskipun rimmel sudah membuka cabang di berbagai negara, sayangnya rimmel masih belum membuka cabang di Indonesia sehingga produk ini hanya bisa dibeli melalui online shop dengan harga mulai dari 76.000 rupiah. Varian produk ini pun cukup banyak, tapi kalau mau cari aman dan bingung pilih shade/warna apa, aku sarankan untuk membeli yang transparan (bisa juga dibilang translucent), yang berarti tidak mengandung warna, alias netral untuk semua warna kulit. Bedak ini berfungsi untuk mengontrol kadar minyak di wajah kita, jadi buat yang ingin wajahnya matte alias tidak berminya, aku sarankan untuk pakai produk ini.

2. NYC Smooth Skin Loose Face Powder IDR 65.000
Untuk yang nggak tau apa perbedaannya antara bedak tabur dan bedak yang pressed, salah satunya adalah bentuk dan manfaatnya. Bedak tabur pada dasarnya fungsinya sama dengan bedak compact, namun bedak tabur cenderung tidak menyumbat pori-pori seperti bedak compact pada umumnya. Hanya saja kekurangan dari bedak tabur adalah pemakaiannya tidak sepraktis beda compact karena ada kemungkinan tumpah, yang berarti susah untuk dibawa ketiga bepergian. Untuk bedak tabur ini sendiri sudah cukup terkenal di antara beauty blogger dan mendapatkan review yang cukup bagus juga. Produk ini dapat dibeli dengan harga sekitar 65.000 melalui online shop, karena merk NYC belum membuka counter di Indonesia. Untuk variasi produk ini tidak terlalu banyak, tapi kalau mau cari aman aku sarankan untuk membeli yang jenis translucent (tidak berwarna)

3. Etude House Zero Sebum Poder IDR 65.000
Untuk produk ini cenderung ukurannya lebih kecil dibandingkan produk bedak lainnya dalam post ini. Meskipun begitu, produk ini multifungsi karena juga bisa digunakan untuk mengurangi minyak berlebih di rambut (walaupun sebenarnya hampir semua bedak bisa berfungsi seperti ini ya :p). Saranku adalah apabila memang mau menggunakan di rambut, sebisa mungkin gunakan powder puff (aplikator) yang berbeda dengan yang dipakai untuk ke wajah biar lebih higienis. Produk ini dijual dengan harga mulai dari 65.000 rupiah melalui online shop. Meskipun etude house sudah ada tokonya di Indonesia, sejauh yang aku tau produk ini belum dijual di counter etude house di Indonesia.

4. Skinfood Buckwheat Loose Powder IDR 75.000
Nggak jauh berbeda dari bedak tabur lainnya, produk ini alternatif untuk bedak tabur di bawah 100.000 rupiah. Menurut aku pribadi, aku suka produk ini karena packagingnya lucu dan harganya tidak terlalu mahal. Variasi produk ini juga cukup banyak, dan saranku adalah kalau bingung pilih shade/warna, bisa membeli yang versi transparan (atau translucent). Meskipun merk Skinfood sebelumnya sudah membuka counter di Indonesia, aku lebih sarankan untuk beli online karena cenderung harganya lebih murah, yaitu mulai dari sekitar 75.000 rupiah.

5. Wet n Wild Photofocus Pressed Powder IDR 95.000
Bedak ini adalah salah satu produk baru dari wet n wild. Produk ini merupakan salah satu dari seri produk bernama photofocus dari wet n wild, yang mana foundation dari seri ini mendapatkan review bagus dari berbagai beauty blogger (aku bahas juga secara singkat disini). Meskipun counter wet n wild sudah ada di Indonesia, untuk produk ini belum dijual di Indonesia dan hanya bisa dibeli melalui online shop dengan harga mulai dari 95.000 rupiah. Untuk produk ini memiliki varian yang cukup luas, jadi jangan khawatir tidak bisa menemukan warna yang cocok. Pastikan juga untuk cek review/swatch di internet agar tidak salah pilih warna ya!

Eyeshadow

Untuk eyeshadow, sebenarnya semua tergantung dengan selera masing-masing. Ada yang suka matte, ada yang suka glitter, ada yang suka dua-duanya, dan ada juga yang nggak suka pakai eyeshadow. Aku pribadi sih nggak pakai eyeshadow kalau ngantor, tapi kalau ada occasion penting seperti kondangan, dan kalau aku diminta ngedandanin pastinya eyeshadow itu penting. Tapi aku juga mengerti kalau makeup itu nggak murah dan banyak yang lebih mengutamakan efisiensi terutama dari harga dan kualitas produk, untuk itu aku bikin seri blog tentang makeup yang terjangkau :)

1. Wet n Wild Color Icon Eyeshadow Collection IDR 78.000
Untuk eyeshadow palette ini, menurutku udah nggak asing lagi untuk orang Indonesia karena produk ini sudah dijual di counter wet n wild (guardian, watsons, carrefour) namun yang jelas kita ketahui adalah harga di counter itu melebihi 100.000 rupiah (sekitar 150.000-160.000). Lalu kenapa produk ini termasuk dalam list ini? jawabannya adalah karena beli di online shop (lazada atau shopee), sehingga produk ini bisa dijual dengan harga 78.000 rupiah. Untuk eyeshadow ini kebanyakan memang mengandung glitter, tapi tentu ada yang matte. Untuk kualitas eyeshadow ini pun terhitung bagus dan mendapat banyak respon positif dari para beauty blogger. Kalau dihitung, kita dapat 8 eyeshadow dengan harga 78.000, berarti satu warna itu nggak sampai 10.000 loh :)

2. Makeup Revolution Eyeshadow Palette IDR 95.000
Untuk produk kali ini, yang harus aku kasih tau adalah nggak semua palette dari Makeup Revolution dijual dengan harga di bawah 100.000, kebanyakan dijual dengan harga 120.000 ke atas. Meskipun begitu, kalau kita cukup jeli ketika browsing make up di online shop, kita bisa nemuin beberapa palet dari merk ini dengan harga di bawah 100.000 loh! Untuk contoh yang aku kasih sendiri adalah Makeup Revolution essential matte palette yang aku temukan di shopee dengan harga 95.000. Dari segi kualitas, produk ini cukup bagus dan dari segi jumlah eyeshadow yang didapat, tentu menguntungkan.

3. Wet n Wild Color Icon Eyeshadow Trio IDR 59.000
Untuk eyeshadow kali ini ditujukan untuk orang yang suka hal yang simpel dan mengutamakan mobilitas (bisa dibawa ke mana saja). Sama seperti palet eyeshadow sebelumnya, trio eyeshadow ini juga udah dijual di counter wet n wild di Indonesia (watsons, guardian, carrefour) cuma bedanya adalah produk ini dijual lebih mahal, yaitu sekitar 98.000 (masih di bawah 100.000 sih!). Tapi kalau bisa lebih murah, siapa sih yang nggak mau? Kalau beli online, kita bisa dapat harga sampai 59.000 rupiah aja loh (hemat hampir 40.000 rupiah). Varian trio eyeshadow ini juga bermacam-macam, tapi kalau yang suka natural look atau work friendly, aku saranin pilih yang walking on eggshells. Selain terjangkau, kualitas eyeshadow ini juga nggak perlu diragukan lagi :)

4. City Color Natural Shadow Palette IDR 67.000
Untuk yang mau lebih hemat lagi, aku sarankan beli palet eyeshadow ini. Kenapa? karena palet ini terdiri dari delapan eyeshadow yang dijual dengan harga 67.000! (kalau dihitung, satu eyeshadow itu sekitar 8000-an aja). Kualitas produk ini juga cukup pigmented, warna-warna yang earthy sehingga tidak terlalu editorial (bisa dipakai untuk makeup sehari-hari). Hanya saja, semua eyeshadow yang ada di palet ini mengandung shimmer/glitter, yang berarti bukan matte. Meskipun gitu, nggak perlu berkecil hati karena sebenarnya eyeshadow yang shimmer itu praktis kalau kita tahu cara pakainya, dan yang aku rekomendasikan adalah one color eyeshadow. Artinya, kita cukup menggunakan satu warna saja, dan karena eyeshadow yang shimmer itu terlihat indah di mata walaupun cuma satu warna saja. Praktis kan? Untuk eyeshadow palette ini belum dijual di pasaran Indonesia dan hanya bisa dibeli melalui online shop dengan harga sekitar 67.000 rupiah.

5. City Color Figtastic Eyeshadow Palette IDR 79.000
Satu lagi produk city color! kalau palet sebelumnya isinya 8, palet ini isinya 14 warna. Berbeda sama produk sebelumnya, palet ini nggak cuma eyeshadow shimmer aja, melainkan ada juga eyeshadow yang matte. Untuk brand ini sendiri, city color belum membuka counternya di Indonesia, jadi produk ini hanya bisa dibeli melalui online shop. Produk ini dijual dengan harga mulai dari 79.000 rupiah. Untuk produk ini sendiri mendapatkan review yang cukup bagus dari kalangan beauty blogger, dan beberapa ada yang bilang kalau palet ini dupe untuk Anastasia Beverly Hills Modern Renaissance Palette (menurutku sendiri sih nggak). Kalau pendapatku pribadi, eyeshadow yang berkualitas baik dan harganya tak terlalu mahal itu cocok buat pemula di bidang makeup (tapi yang sudah jago juga bisa nambah koleksi)


Lipstick

Lipstick! is something I can not leave the house without! Kenapa? karena setiap kali aku nggak pakai lipstick saat bepergian, aku ngerasa kayak orang sakit karena wajahku langsung kelihatan pucat. Aku rasa juga banyak orang yang berpendapat demikian, karena lipstick sendiri variasi warna dan jenisnya juga sangat beragam, dari matte, glossy, bullet, tint, hingga liquid lipstick yang akhir-akhir ini trend di kalangan beauty blogger di seluruh dunia. Dan untungnya, untuk tampil cantik dengan lipstick nggak harus mengeluarkan uang dalam jumlah banyak. Berikut adalah rekomendasi yang bisa aku kasih untuk lipstick di bawah 100.000 rupiah :

1. Purbasari Matte Lipstick IDR 30.000
Lipstick ini adalah andalanku untuk sehari-hari dan kuliah. Selain varian warna yang cukup luas, lipstick ini sangat terjangkau dan kualitas produknya pun cukup ok. Aku pribadi, lipstick dengan harga 50.000 rupiah itu sudah termasuk terjangkau, dan ternyata masih ada lipstick bagus yang harganya dibawah 50.000. Mungkin beberapa dari kalian sudah nggak asing lagi sama produk ini, itu juga karena produk ini sudah di review oleh banyak beauty blogger asal Indonesia, dan rata-rata reviewnya cukup bagus. Awal aku beli produk ini, lipstick ini hanya dijual di tempat-tempat tertentu sampai online shop. Akan tetapi mengikuti kesuksesan produk ini di Indonesia, lipstick purbasari sudah lebih gampang dicari di banyak tempat (guardian, watsons, hingga toko kosmetik tradisional) dengan harga sekitar 30.000 rupiah saja. Kalau boleh share, shade kesukaan aku adalah 81, 82, 90, 91, dan 95

2. Wet n Wild Megalast Liquid Catsuit IDR 65.000
Buat yang penasaran sama tren liquid lipstick tapi nggak mau mengeluarkan uang terlalu banyak, ini adalah salah satu lipstick cair yang aku rekomendasikan. Meskipun wet n wild sudah memiliki counter di Indonesia, produk ini belum dijual di pasaran Indonesia dan hanya bisa dibeli melalui online shop. Harga produk ini sekitar 65.000 rupiah per satuannya, dan bisa menjadi lebih murah lagi kalau jumlah yang dibeli makin banyak (tergantung seller ya!). Untuk kualitas lipstick ini cukup bagus dan mendapatkan review yang cukup baik juga di kalangan beauty blogger.

3. Jordana Sweet Cream Matte IDR 60.000
Salah satu rekomendasiku untuk liquid lipstick! Salah satu tips yang bisa aku kasih untuk memakai liquid lipstick ada dua. Pertama, sebelum memakai lipstick aku sarankan untuk exfoliate bagian bibir kita terlebih dahulu menggunakan lip scrub untuk mengangkat sel kulit mati agar hasil pemakaian bisa lebih maksimal. Kedua, aku menyarankan untuk memakai lip liner sebelum aplikasi liquid lipstick, hal ini karena saat aplikasi lipstick jenis cairan, cenderung aplikasi kurang rapi terutama di bagian pinggirnya. Tapi sebenarnya kedua poin ini tidak harus dilakukan loh ya, cuma kalau bisa saja! untuk brand ini sendiri, Jordana belum membuka counternya di Indonesia, karena itu produk ini hanya bisa dibeli di online shop dengan harga mulai dari 60.000 rupiah. Varian warna produk ini cukup luas dan kualitasnya pun cukup bagus.

4. Nyx Matte Lipstick IDR 80.000
untuk yang lebih suka lipstick klasik, bisa melirik produk ini. Selain harganya yang terjangkau, kualitas produk ini pun tak perlu dipertanyakan lagi. Mungkin beberapa akan bingung melihat harga lipstick ini berbeda dengan yang ada di counter, hal ini karena harga yang aku tampilkan adalah harga di online shop. Kalau dibandingkan dengan produk lain, lipstick ini memang lebih mahal. Tapi bukan berarti produk ini ngga pantas masuk list ini loh ya. Untuk lipstick ini variannya cukup banyak dan kualitasnya bisa dibilang ok

5. Maybelline the Powder Matte Lipstick IDR 84.000
Beberapa dari kalian pasti udah nggak asing sama brand Maybelline, karena selain sudah lama ada di Indonesia, maybelline juga salah satu brand kosmetik yang berkualitas baik dengan harga terjangkau. Aku sendiri belum memeriksa harga produk ini di counter, karena harga yang aku tampilkan disini aku dapat dari shopee. Aku baru sadar kalau hampir semua lipstick yang aku rekomendasikan di sini itu semuanya dengan matte finish, jadi aku kan coba post mengenai lipstick dengan finish selain matte di post selanjutnya!

Selesai sudah rekomendasi make up terjangkau kali ini! Entah kenapa rasanya lama banget ya terakhir aku ngepost? ada satu bulan lebih sepertinya. Meskipun pada awalnya aku berniat untuk nge-post satu minggu 1-2kali, akhir-akhir ini aku cukup sibuk sehingga sama sekali nggak sempet ngepost di blog ini. Setelah menyelesaikan post ini, aku ngerasain kembali semangat untuk melanjutkan blog ini, jadi jangan sampai ketinggalan post-post aku yang selanjutnya ya!

with love,

Ai

2 komentar: