27.1.17

Make up starter kit untuk sehari-hari dan pemula (budget : 500 ribu)


Second post for my revamped blog, yeay! *tepuk tangan*

Jadi ide ini bermula dari temen aku yang nanya via LINE, "ai, minta rekomendasi make up yang bagus dong, yang terjangkau". Kalau dibilang terjangkau, 500 ribu rupiah itu sebenernya ngga murah (boro-boro terjangkau!) tapi kalau dipikir, mama aku saja biasa beli produk revlon atau maybelline yang satuannya 115.000-an, jadi sebenernya kalau dipikir orang Indonesia udah kebiasa beli make up mahal? atau nggak juga?

Sejujurnya... satu produk diatas 100.000 rupiah itu sebenernya perih-perih rela juga, karena motto hidupku adalah utamakan kualitas dibanding brand, jadi kalau ada produk yang jauh lebih murah dan kualitasnya beda dikit atau sama bagusnya, it does not matter. Cuma di Indonesia ini rata-rata, semurah-murahnya produk make up, pasti masih di atas 50.000 juga, karena mau gimana lagi produk make up di Indonesia itu banyakan impor. Contohnya, produk elf yang di web nya $6 pun disini kena 130.000! Itu pun pake online shop *nangis*

Intinya kenapa nulis panjang lebar adalah, 500 ribu yang ditulis disini udah press-budget banget! Ada sih yang bisa dikurang-kurangin (terutama kalo udah punya sebelumnya), dibuatnya list ini dengan harapan kalian semua yang punya zero-knowledge tentang makeup, atau sudah mengerti tapi nggak tau mau beli produk apa, bisa cek rekomendasi ini (ngga maksa beli kok, tenang aja :p)

Untuk yang mau tahu make up yang benar-benar aku pakai setiap hari, bisa cek post aku my make up bag (for work) yang bisa dicek disini
Dan untuk yang mau baca part 2 dari seri ini, bisa cek disini!!!

DISCLAIMER!! Semua rekomendasi yang ada disini full opiniku 100%, ngga ada sponsor, ngga ada apa-apa dan mungkin ngga cocok sama kulit/kebutuhan semua orang, jadi mohon pengertiannya. All images in this post are from google and not mine! Also, I'm not an expert at make up, I just love make up because it's like my no.1 hobby, to draw (check out my dA aifseiei.deviantart.com)

1. Foundation
Buat yang nggak tau foundation itu apa, basically foundation adalah kanvas kalo kita mau ngelukis. Jadi penting banget buat pilih foundation yang cocok buat kulit kita, dan yang terpenting adalah warna foundationnya. Tips dari aku adalah ketika beli foundation, baiknya dicoba dulu produknya ke leher (sedikit saja), dan liat warnanya cocok apa nggak. Prinsipku sih lebih baik (sedikit) keterangan daripada lebih gelap, karena kalau terang bisa di tone-down pake bronzer. Atau, bisa juga tanya mas/mbak yang jaga counter, baiknya warna yang mana.



Maybelline Fit Me! Matte/Dewy
Harga : Rp 112.000  (shopee) - 145.000 rupiah (counter)
Bisa dibeli di : Lazada, Matahari, Guardian, Watson, Shopee


Buat yang ngga ngerti Matte itu apa, Dewy itu apa, penting banget buat memahami konsep keduanya.

  • Matte itu kering hasilnya, jadi buat kalian yang kulitnya berminyak dan nggak suka muka yang mengkilap, pastikan beli yang matte.
  • Dewy itu mengkilap hasilnya, tapi mengkilap bukan berarti berminyak, jadi kulit kita kelihatannya mengkilap indah dan ngga keliatan kering. Cocok untuk yang kulitnya kering.
Extra : untuk rekomendasi foundation di bawah 100.000 rupiah, bisa dicek disini


2. Eyeshadow
Untuk eyeshadow sebenernya sangat variatif dan terserah mau beli warna apa, merk apa, dll. Cuma biar lebih cost-effective dan less-rugi (bahasa buatan sendiri), rekomendasiku adalah:


City Color Spice Me Up Palette
Harga : 67.000 (shopee)
Bisa dibeli di : Lazada, Instagram (online only!)


Eyeshadow ini terdiri dari 10 warna, semuanya glitter dan nggak ada yang matte. Palette ini cocok buat pemula karena eyeshadow glitter bisa dipakai 1 warna aja dan beres!

Extra : untuk rekomendasi eyeshadow di bawah 100.000 rupiah, bisa dicek disini


3. Blush
Sama dengan eyeshadow, untuk blush (pipi) sangatlah variatif dan sesuai dengan selera masing-masing. Menurut salah satu make up artist terkenal Wayne Goss, pas pake blush usahakan jangan senyum. Karena kalo kita pake blush saat senyum, begitu muka kita rileks blush kita akan jatuh ke bawah dan seolah pipi kita jatoh ke bawah juga (no!!!) Rekomendasiku adalah :

J.Cat Beauty Love Struck Blush + Bronzer
Harga : 65.000 - 72.000 rupiah
Bisa dibeli di : Lazada, TWL cosmetics, Instagram (online only!)



Blush seri ini ada 12 variasi warna, jadi kita bisa pilih warna mana yang kita suka + sesuai dengan kita. Plus, kucingnya lucu~

Extra : untuk rekomendasi blush di bawah 100.000 rupiah, bisa dicek disini


4. Lipstick
This is where the magic happens! Aku pribadi sangat suka lipstik karena perbedaan belum pake dan udah pake lipstick itu jauh banget! buat kalian yang ingin ngurangin budget-nya, bisa invest ke lipstick2 bagus (misal, blush diganti sama lipstick, dll)




Purbasari Matte Lipstick
Harga : 25.000 (shopee) - 36.000 rupiah
Bisa dibeli di : Guardian, Watson, Instagram, toko make up terdekat (tradisional)






Sepertinya nggak perlu ngejelasin tentang lipstick ini karena udah banyak banget yang nge-review. Selain harganya murah, warnanya bagus! (5 stars from me!) Aku merekomendasikan beli shade nomor : 81, 82, 83, 89. Untuk pemula, gue ngga terlalu ngerekomendasiin liquid lipstick karena harus hati-hati pakenya kalau mau keliatan bagus.

Extra : untuk rekomendasi lipstick di bawah 100.000 rupiah, bisa dicek disini


5. Eyeliner
Karena ini ditujukan untuk pemula, aku ngga recommend untuk beli eyeliner yang basah/liquid/cair (felt tip, etc)  karena kemungkinan untuk gagalnya sangat tinggi (sad)

Etude House Styling Eyeliner
Harga : 40.000 rupiah
Bisa dibeli di : Lazada, Instagram (online only!)



Kenapa rekomendasiin eyeliner ini, karena eyeliner ini mudah dipakai dan nggak perlu diraut, cuma kalau mau bikin cat-eye pake eyeliner ini tergolong susah/mustahil soalnya ujung eyelinernya ngga runcing!


6. Mascara
Untuk mascara, aku belum bisa nemu mascara bagus yang harganya murah. Murah sih banyak, tapi ngga bagus, jadi gue cuma bisa ngerekomendasiin yang ada aja (terutama di Indonesia). Tips pakai mascara adalah, kalau misalnya belepotan jangan langsung dihapus! tunggu sampai kering, lalu kerik mascaranya~



Maybelline The Falsies Volum Express
Harga : 99.000 rupiah
Bisa dibeli di : Matahari, Lazada, Watson, Guardian



Untuk maybelline sendiri hampir semua mascara yang dijual itu bagus, jadi tenang aja kalau keabisan  yang ini. Biasanya mascara yang ini sering sale di Lazada jadi sekitar 65.000an atau bahkan lebih murah lagi :p


7. Alis
Untuk alis, preferensi orang beda-beda, ada yang suka pake pomade, powder, pencil, dll. Untuk pemula, gue saranin untuk belajar pake pensil alis dulu. Kalau kata nyokap, "jangan pernah pakai pensil alis warna hitam!", intinya beli yang coklat, coklat muda, coklat tua, intinya bukan hitam ;)

Maybelline Fashion Brow Cream Pencil
Harga : 33.000 rupiah
Bisa dibeli di : Lazada, Matahari, Watson, Guardian





Pensil alis ini lumayan bagus dan nyata. Buat awal-awal memang bikin alis itu susah, tapi kalau memang mau belajar baiknya dimulai pelan-pelan dan pake pensil alis, ya!

Daaaan selesai sudah make up starter kit budget 500 ribu rupiah! Setelah ditotal, dapat sekitar 446.000 (masih bisa beli yang lain~), tapi beberapa produk disini seperti maybelline itu sering diskon, baik di counter maupun online (cth : foundation jadi 116.000, mascara jadi 65.000, dll) jadi memang kita juga harus smart dalam membeli make up.

Yang paling penting, make up itu adalah karya seni, mau alat yang kita pakai itu mahal atau murah, semua tergantung kita. Jadi buat kalian semua yang punya budget terbatas buat make up, ga perlu berkecil hati :)

Oh iya, temen yang minta rekomendasi malah nggak pake rekomendasiku dan beli empat produk dengan total 393.000 *patah hati*


With love,

Ai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar