10.2.17

Skincare : Perawatan Kulit (weekly)



Ah, skincare. Secara harafiah, artinya perawatan kulit.

Menurutku, skincare adalah salah satu rutinitas tersulit nomor dua (selain diet, hehe) untuk dijalani. "Cuma sekali seminggu kok!" tapi sekali seminggu juga males. Kalau kita liat di internet, skincare itu investasi. Jadi, biasanya kita mulai ngurus kulit umur... 35? 40? pokoknya setelah kerutan mulai muncul di wajah kita. Biasanya, produk anti aging itu mahal, start point nya bisa Rp 250.000 bahkan jutaan (meskipun habisnya lama)

Versus, kalo kita mulai ngerawat kulit dari umur 20an, setidaknya lebih cepat 15 tahun dibanding contoh sebelumnya. Kalau dipikir iya juga sih... kalo memang mau awet muda, harus rajin mengurus kulit.

Sebagai pengalaman pribadi, ketika baru aku memulai mengurus kulit aku sempat pakai 10 tahap Korean skincare yang bisa dibaca disini, sempat bertahan 1 tahun hingga suatu hari menghadapi tahun terakhir perkuliahan dan jatuh ke jurang kemalasan lagi. Nggak ada waktu! padahal buat diri sendiri juga :/ Hingga akhirnya selesai sidang, ngurus wisuda, dan kembali peduli sama kulit lagi.

Regimen ini nggak ribet, nggak 10 tahap, tapi hasilnya cukup bagus! Disarankan sih lakukan ini sebelum tidur, tapi aku pribadi biasa ngurus muka siang-siang takut malemnya ngantuk atau males :p

NOTE!!! regimen ini nggak banyak tapi nggak sebentar, jadi memang sebaiknya dilakukan jauh sebelum acara, atau pas lagi liburan dan nggak kemana-mana.

DISCLAIMER!! Semua rekomendasi yang ada disini full opini 100%, ngga ada sponsor, ngga ada apa-apa dan mungkin ngga cocok sama kulit/kebutuhan semua orang, jadi mohon pengertiannya. All images are from google and not mine!




đź’–WEEKLY SKINCAREđź’–
1. Face Wash - Hada Labo Shirojyun Face Wash

Tahap pertama tentunya cuci muka dulu. Aku biasanya pake merk Hada Labo yang warna putih atau biru, tapi akhir-akhir ini susah banget nyari Hada Labo dimana-mana. Aku biasa beli di Century deket rumah. Buat tahap ini bebas kok face wash apa yang kalian pakai (tidak harus hada labo)








2. Pore Strip - Biore Pore Pack Heritage Batik
Tahap kedua skincare ini adalah pakai pore strip untuk mengangkat beberapa komedo (kalau ada) di daerah sekitar hidung selama 15 menit. Merk rekomendasiku adalah Biore (dan kayaknya memang cuma ada Biore), atau lebih spesifiknya Biore Pore Pack edisi Heritage Batik. Selain menumbuhkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air, lem/adhesive edisi ini jauh lebih bagus daripada yang biasa atau warna hitam. Pore strip ini bisa dibeli dimana saja seperti Alfamart, Indomaret, Guardian, Watsons, Carrefour, dll seharga 11.000-an. Kalau nggak ada yang edisi ini, yang biasa juga gapapa kok ;) Jangan lupa setelah pake pore strip untuk ngebasuh muka pakai air untuk membersihkann sisa-sisa lem/perekat dari pore stripnya.



3. Clay Mask - Tsururi Point Clay Pack
Untuk melanjutkan pengangkatan lemak-lemak di wajah, setelah pakai pore pack biasanya lanjut pake clay mask. Clay mask yang dipakai ini tidak dijual di Indonesia, karena waktu itu beli di Jepang ketika lagi parah-parahnya jerawatan. Harganya sekitar 800 yen di Sundrug (nama drugstore) dekat asrama. Intinya, untuk tahap ini clay mask apapun yang dipakai nggak masalah, mungkin kalo yang ini sudah habis aku akan beli clay mask dari Innisfree (sudah direview loh! bisa cek disini).
Khusus clay mask ini, dibiarkan cuma 5 menit karena tidak boleh lebih dari itu menurut instruksinya. Aku kurang tau kalo clay mask lain bisa berapa menit. Setelah 5 menit, bilas clay mask pake air (kalau bisa hangat) dan keringkan dengan handuk dengan cara ditepuk biar ngga kasar ke kulit.




4. Exfoliating Mask - Skin Food Rice Mask Wash Off
Tahap selanjutnya adalah exfoliate, sebelumnya aku pakai Skin Food Black Sugar Mask dan nggak bermasalah. Tapi untuk saat ini pakai yang rice mask karena menurutku yang ini lebih halus ke muka (yang sebelumnya agak sakit, dan memang beberapa merekomendasikan untuk bagian hidung aja) Exfoliate dengan cara memutar dan pelan-pelan, hindari daerah mata dan tunggu (lagi!) selama 15 menit. Setelah 15 menit, bilas wajah dengan air dan keringkan dengan handuk. Masker ini bisa dibeli lewat instagram (lewat @koreancosmetic_id) dengan harga 120.000





5. Sheet Mask - Kose Clear Turn Essence Mask
Tahap terakhir!!!! Di tahap ini aku biasa pake sheet mask dengan berbagai merk, bisa Garnier Sakura White sheet mask, Etude sheet mask, dll. Tapi yang sekarang ini dipakai adalah produk Kose (asal Jepang), lebih tepatnya lagi Kose Clear Turn Essence Mask. Produk ini baru banget masuk Indonesia, terdiri dari 30 lembar dan dijual dengan harga 150.000 (aku beli di Lazada). Aku pribadi pakai masker ini sekitar 10 menit meskipun di instruksinya disuruh sekitar 3-5 menit saja.
Kalo yang bisa dibaca dari instruksinya, pakai 1 lembar setiap hari, jadi 1 kemasan ini ditujukan untuk 1 bulan. Bukannya mau hemat, tapi karena pakai ini seminggu sekali, tak lain tak bukan adalah karena malas! Oleh karena itu kalau kalian make masker ini sama kayak aku, pasti hemat (hehe).

On a side note, yang paling menarik dari produk ini adalah di kemasan ini ditulis "Sheet mask no.1 in Japan for 7/8 years" secara Kose juga merk terkenal di Jepang... atau memang suka aja :p

Kalau ditotal, rutinitas ini berkisar:
cuci muka 2 menit + pore strip 15 menit + clay mask 5 menit + exfoliating mask 15 menit + sheet mask 10 menit = 47 menit!!!!


Semoga info ini berguna buat kalian yang kepikiran buat ngurus kulit muka, atau yang mau tau produk apa aja yang kupakai untuk saat ini. Semoga bermanfaat!



With love,


Ai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar