27.2.17

Skincare : Perawatan Kulit (daily)


Post kali ini adalah lanjutan dari post aku sebelumnya (bisa klik disini), yaitu tentang skincare yang rutin aku kerjain setiap sehari. Kalo aku boleh jujur, sebenernya justru perawatan tiap hari itu yang lebih penting daripada mingguan, dan kalau rutin dilakuin, bisa menjaga keindahan kulit kita sampai tua nanti!

Aku nggak akan panjang lebar ngejelasin sepenting apa ngurus kulit karena udah aku jelasin sebelumnya. Dan menurutku, daily skincare harus lebih diutamakan karena sangat berkaitan dengan aktivitas sehari-hari kita. Baik itu moisturizer, sun screen, bedak, dll. Skincare kali ini terbagi dua, yaitu pagi dan malam. Pagi itu basically sebelum berangkat, dan malam itu sebelum tidur.

DISCLAIMER!! Semua rekomendasi yang ada disini full opini 100%, ngga ada sponsor, ngga ada apa-apa dan mungkin ngga cocok sama kulit/kebutuhan semua orang, jadi mohon pengertiannya. I am in no way an expert at skincare, all products mentioned are compatible with my skin and thus may not work with yours. I am a simple make up and skin care enthusiast who enjoys sharing my favorite stuffs with everyone else. Pretty much as a hobby :) All images are from google and not mine!




๐Ÿ’–Pagi๐Ÿ’–

Untuk perawatan kulit di pagi hari, aku biasa lakuin setelah mandi sebelum pakai make up ataupun nggak pake make up (kalau lagi nggak kemana-mana). Perlu diperhatiin kalau diantara pemakaian produk sebaiknya dikasih selang waktu 30 detik-1 menit biar produk bisa meresap ke kulit. Karena kalau abis pakai toner, terus langsung pakai eyecream, ada resiko produk numpuk dan ngga meresap secara maksimal ke kulit (bisa jadi dibilang buang-buang produk). Dan di post ini aku nggak akan nampilin sabun cuci mukaku karena udah di post sebelumnya dan tak perlu dikasih tau lagi kalau cuci muka itu sangat penting!!!!!

1. Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Lotion
Setelah cuci muka, disarankan untuk pakai toner. Awalnya aku sempet mau beli toner, tapi aku baca di web dari Hada Labo-nya kalau udah pakai produk ini nggak perlu pakai toner lagi. Jadi, menurut aku penamaan 'lotion' ke produk ini aneh banget, soalnya isi botol ini sebenernya cairan, buat kayak lotion yang kenyal gitu.
Aku pribadi tiap kali abis pake ini ngerasa kalo kulit mukaku jadi hydrated, dan kadang-kadang bandel cuma make produk ini dan eyecream (jangan ditiru!!). Aku baca banyak review kalo katanya banyak yang break out (jerawatan) setelah pakai produk dari hada labo. IMO, kulit orang itu kan beda-beda jadi dampak setiap produk ke setiap orang juga pasti beda, saran aku adalah pastiin produk skincare kita itu cocok sama kulit kita. On a side note, aku merasa kesulitan buat nyari produk dari hada labo akhir-akhir ini, kenapa ya? di online aku cek harganya sekitar 45.000 - 50.000an. Lumayan mahal, tapi habisnya lumayan lama jadi sebenernya lumayan hemat juga :)


2. The Bodyshop vit.E eye cream
Skincare terpenting!!! Menurut ahli kulit yang aku baca di web InStyle, daerah mata itu lapisan kulitnya tipis jadi gampang keriput. Untuk itu, merawat kulit khususnya di daerah mata harus dilakukan dari sekitar umur 20-an. Untuk eye cream, sekarang sih bisa beli lumayan gampang dari berbagai merk. Tapi pas aku pertama kali beli krim untuk mata, yang terjangkau harganya (masih perih juga sih) cuma eye cream dari The Bodyshop. Eye cream ini dijual di counter dengan harga 219.000 rupiah.
Meskipun agak mahal, produk ini cukup lama pemakaiannya jadi nggak perlu khawatir takut boros. Selama aku di Jepang, aku sempat beralih produk ke Etude House collagen eye cream. Setelah dibandingin, aku lebih suka pakai produk ini karena lebih higienis (yang etude semacam di jar dan kalau diambil pakai jari berulang-ulang bakterinya otomatis ngumpul, saran aku adalah jangan diambil pakai jari)

3. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Milk
Buat yang males banget ngerawat kulit, saran aku adalah pake moisturizer aja (meskipun nggak aku saranin banget sih...). Jadi moisturizer itu fungsinya menjaga kelembaban kulit biar ngga kering dan kadar airnya tetep terjaga. Karena kalau kulit kering, ujungnya cuma satu, keriput atau penuaan dini pada kulit muka.
Karena let's be honest here, pada akhirnya skincare itu tujuan utamanya adalah anti-ageing. Makeup emang bisa nutupin masalah kulit kita, tapi alangkah lebih bagus lagi kalau kulit kita juga nggak bermasalah. Produk ini konsistensinya kayak body lotion, yang bisa diusap ke muka dan leher (daerah leher juga penting karena gampang keriput juga). Dijual dengan harga sekitar 45.000 di Carrefour dan online shop. Aku pribadi ngga ada masalah pakai produk ini seperti jerawat, alergi, dll. Tapi banyak review yang bilang produk ini bikin jerawatan jadi kalau nggak cocok jangan terus dipakai ya :) P.S Buat yang pengen tau apa bedanya Hada Labo seri Shirojyun dan Gokujyun, Shirojyun itu ada whitening effect (pemutih), sementara Gokujyun itu lebih ke moisturizing (menjaga kelembaban)


EXTRA 1 - Sun Screen / BB Cream SPF++
Meskipun aktivitas kita ngga banyak di luar ruangan, bukan berarti nggak perlu pakai sunscreen. Kenapa sih penting pakai sunscreen? Sinar matahari kalau kena langsung ke kulit, dampak negatifnya nggak cuma penggelapan kulit, tapi ada sinar UV yang bisa berdampak pada kanker kulit. Ini bisa jadi motif buat ngurus kulit, bukan cuma buat kecantikan tapi juga buat kesehatan.
Aku sendiri jarang pake sun screen karena belum nemu yang cocok, tapi setiap kali aku pergi, aku pakai Etude House Precious Mineral BB cream SPF 30/PA++ seharga 130.000 yang cuma bisa dibeli di online shop kemudian dilapis bedak yang ada SPF nya juga. Buat yang tertarik untuk beli sunscreen, aku sendiri tertarik sama Kose Sekkisei Sun Protect Essence Milk SPF 50++ yang bisa dibeli di Lazada seharga 125.000 rupiah.


EXTRA 2 - Vaseline Healthy Sunblock SPF 30
Kalau sebelumnya untuk muka, kali ini perlindungan matahari untuk kulit. Karena kita tahu matahari Indonesia di siang hari itu panas banget dan bahaya untuk kulit, aku selalu berusaha untuk pake sunblock. Cuma kendalanya, sunblock itu lumayan mahal dan pemakaian yang terus-terusan bisa berujung boros. Sunblock SPF 50+ biasanya bisa dibeli di watsons atau century dengan harga sekitar 120.000 rupiah atau lebih.
Karena aku sering banget pake sunblock dan ada keterbatasan uang, aku nemu Vaseline Healthy Sunblock SPF 30 di Indomaret dengan harga sekitar 30.000 rupiah. Memang sih, SPF nya lebih rendah, tapi berdasarkan pengamatan aku terhadap sunblock terjangkau yang dijual diluar drugstore, produk ini dijual ngga terlalu mahal dengan SPF tertinggi (ada sunblock lain yang lebih murah tapi SPF nya hanya sekitar 15-20). Jadi buat kalian yang mau menjaga kulit dari matahari tapi budget masih terbatas, bisa coba produk ini.


๐Ÿ’–Malam๐Ÿ’–

Untuk malam hari, biasanya aku rutin melakukannya setiap sebelum tidur. Meskipun kadang kalau capek banget cuma sempet cuci muka, tapi aku selalu usahain buat ngurus muka setiap hari. Tips buat yang capek pulang kerja dan nggak sempet ngapa-ngapain, setidaknya hapus make up dan cuci muka! Karena kalo kita biarin kotoran dan make up ngendap di kulit semalaman, nggak perlu heran kalau besoknya kulit jadi jerawatan (no!!!)

1. Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Lotion
Sama kayak perawatan di pagi hari, setelah cuci muka jangan lupa pakai toner menggunakan kapas. Tapi untuk produk yang aku pakai, ngga perlu pakai kapas cukup pakai tangan aja :)

2. The Bodyshop vit.E eye cream
Sama seperti sebelumnya, jangan lupa tunggu sekitar 30 detik-1 menit setelah pakai toner! Tips untuk pakai eye cream yang bisa aku kasih tau adalah pakai jari manis dan nggak diseret-seret, tapi ditepuk-tepuk sampai produk meresap.

3. Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Night cream
Yang berbeda dari rutinitas pagi dan malam aku adalah setelah pakai eye cream. Kalau sebelumnya aku pake moisturizer, untuk sebelum tidur aku ganti dengan night cream. Aku kurang tau apa perbedaan moisturizer sama night cream, tapi menurutku night cream lebih terkonsentrasi jadi bisa membantu regenerasi kulit dimalam hari. Untuk produk yang aku pake, harganya sekitar 150.000 rupiah.
Beberapa waktu lalu aku sempat pakai serum sebelum pakai eye cream, tapi dikarenakan serum aku habis dan aku berencana buat beli serum lain, jadi nggak aku masukin ke rutinitasku. NOTE! menurutku serum cukup penting, tapi karena harganya cenderung mahal, jadi aku sarankan untuk rajin pakai moisturizer. Moisturizer favorit mama aku adalah Olay, harganya sekitar 30.000 rupiah dan bisa dibeli di Tip Top, Carrefour, dll.


EXTRA 1 - Vaseline Petroleum Jelly / Nivea Strawberry Shine Lip Balm
Biasanya aku sebelum tidur pasti pake sesuatu buat bibir, karena kadang-kadang kalo aku bangun bibirku suka kering pecah-pecah perih. Apalagi kalo tidur pakai AC, baik kulit badan atau di bibir itu lebih gampang kering dari biasanya, sementara pas kita tidur itu juga perlu buat regenerasi kulit. Untuk kulit bibir, kadang aku pakai Vaseline Petroleum Jelly, yang sayangnya belum dijual secara pasaran disini tapi bisa dibeli di online shop dengan harga sekitar 40.000 rupiah. Kalau misalnya nggak mau repot-repot pesen ke online shop (meskipun sebenernya ngga ribet...), untuk alternatifnya bisa pakai lip balm sebelum tidur. Lip balm yang aku pakai adalah Nivea Strawberry Shine Lip Balm yang bisa dibeli di pasaran seharga kurang lebih 15.000 rupiah. 



EXTRA 2 - Vaseline Intensive Care Aloe Soothe/The Body Shop Mango Body Butter
Sebenernya pake body lotion itu ngga harus sebelum tidur, malah lebih baik diaplikasiin secara teratur sepanjang hari. Tapi berhubung aku sendiri orangnya pelupa dan suka males, aku usahakan buat seenggaknya pake body lotion sebelum tidur. Kalau dibandingin sama body butter, tentu jauh lebih moisturizing daripada body lotion (dan harganya juga lebih mahal).
Tapi yang aku nggak suka dari body butter adalah lengket banget di badan. Tapi! kalau kulit aku kering banget, aku paksain untuk pake body butter sebelum tidur. Biasanya keesokan harinya kulitku mendingan tapi ngga instan halus lagi. Aku suka vaseline yang hijau karena wanginya enak dan ngga lengket di kulit. Selain itu kalau aku kehabisan cukup gampang buat beli lagi karena dijual dimana-mana dengan harga sekitar 30.000 rupiah (225ml). Untuk body butter aku pilih wangi mangga karena aku suka mangga (simpel sekali) dan body butter yang lain aku ngga terlalu suka wanginya. Untuk body butter dijual dengan harga 229.000 di counter The Bodyshop mana aja.


That's it!!! aku nggak nyangka kalo ternyata skincare harian jauh lebih panjang dibanding skincare mingguan. Yang harus diinget adalah yang penting adalah effort, bukan seberapa mahal uang yang kita keluarin untuk beli produk skincare unggulan (meskipun skincare dari merk-merk mahal bahannya jauh lebih bagus). Memang mengurus kulit itu bikin males banget, tapi kalau kita biasakan pasti kedepannya nggak akan nyesel. Semoga bermanfaat!

With love,


Ai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar