10.3.17

Make up : Nothing Over IDR 100.000 (Foundation, Primer, Concealer)


Make up on a budget! pertama aku mau ngasih tau kalo ide untuk post ini ngga original dari aku 100%, secara tag ini bisa dilihat di banyak video di YouTube dengan berbagai judul, misalnya "nothing over $5, $10, $3" dll. Tetapi karena kita tahu kebanyakan yang ngepost video itu adalah warga Amerika Serikat, tentu harga sama produk yang disebut harganya nggak sama dengan yang available di Indonesia. Tujuan dari post ini adalah untuk ngasih info kalau make up yang available di Indonesia ngga sepenuhnya mahal, dan produk yang bagus nggak harus mahal. Aku sendiri sebenarnya bukan ahli dalam bidang make up ataupun skincare, tapi setidaknya mau berbagi tentang produk-produk terjangkau yang bisa dibeli tanpa harus mengeluarkan banyak uang :)

Post ini akan dibagi berdasarkan kategori produk disertai opini, harga, dan bisa dibeli lewat mana. Aku juga merekomendasikan post ini untuk make up pemula yang masih belajar make up tapi nggak mau ngeluarin terlalu banyak uang (aku termasuk). Produk yang aku masukin di post ini nggak cuma disebut karena murah dan on budget, tapi karena aku pribadi berpendapat kalau produk ini bagus, dan worth the money :)

Post ini akan dibagi jadi beberapa part dan kategori. Awalnya mau dibuat jadi satu post tapi sepertinya kepanjangan dan takutnya infonya malah nggak tersampaikan.

Bagian kedua (blush, bronzer/contour, highlight) bisa dicek disini
Bagian ketiga (powder, eyeshadow, lipstick) bisa dicek disini

Format post ini : 1. Nama brand [spasi] Nama produk [spasi] Harga

DISCLAIMER! Semua rekomendasi yang ada disini full opini 100%, ngga ada sponsor, ngga ada apa-apa dan mungkin ngga cocok sama kulit/kebutuhan semua orang, jadi mohon pengertiannya. I am not an expert at skincare nor make up, so there is a chance that the product mentioned won't be compatible with your skin. I am just a simple make up and skin care enthusiast, and doing this as a hobby. All images in this post are from Google and not mine!


NOTE! hampir semua rekomendasi aku berasal dari shopee, pastikan ketika membeli di shopee untuk selalu baca notes/keterangan dari tiap seller untuk memastikan apakah produk yang dijual asli atau tidak, dan berhati-hati dengan penipuan! tips : cek rating/review dari seller dan jumlah produk yang dijual. Online shopper needs to be smart!


Foundation


1. Wet n Wild Photo Focus Foundation IDR 90.000
Foundation ini bisa dibilang yang paling baru di antara list ini dan dapat banyak review bagus dari Beauty blogger, Youtuber, dll. Foundation ini masih belum dijual di pasaran Indonesia, tapi bisa dibeli melalui online shop seperti shopee, lazada, instagram, dll. Untuk harga ini aku menemukan di shopee dan range harganya dari 98.000 sampai 120.000 rupiah. Foundation ini mengklaim udah di tes di tujuh kondisi fotografi dan ngga menimbulkan flashback/white cast (muka putih kalau kena flash kamera) dan finish-nya matte.

2. Wet n Wild Coverall Cream Foundation IDR 75.000
Satu lagi foundation dari Wet n Wild, foundation ini bisa dibeli di pasaran (guardian, watsons) atau online. Untuk harga termurah aku menemukan di shopee dengan harga mulai dari 75.000 rupiah. Foundation ini disarankan untuk tipe kulit kering (dry) dengan finish natural (tidak terlalu tebal/menor, masih ada kilau wajah natural). Untuk kulit kombinasi atau berminyak masih bisa pakai foundation ini tapi harus sedia bedak untuk touch up. Note! beberapa review bilang kalo foundation ini bikin break out (jerawatan).

3. Rimmel Stay Matte Liquid Mousse Foundation IDR 78.000
Foundation ini aku rekomendasikan untuk yang tipe kulitnya oily (berminyak) atau mau finish foundation-nya matte. Foundation ini adalah pertama yang aku beli dan selalu kupakai untuk acara-acara seperti kondangan, foto, sampai wisuda (aku dandan sendiri). Untuk selengkapnya mungkin nanti akan aku review, tapi yang bisa aku sampaikan adalah foundation ini tahan lama dan kelihatan bagus di kulit. Harga termurah aku dapat di shopee sekitar 78.000 rupiah dan belum dijual di pasaran Indonesia.

4. LA Girl Pro Coverage HD Illuminating Foundation IDR 98.000
Foundation ini juga tergolong baru dan review-nya cukup bagus. Meskipun LA Girl sudah membuka counter di Indonesia, aku sudah cek harga produk ini tiga kali lipat dari harga online shop. Untuk itu yang ingin mencoba foundation ini dengan harga terjangkau, bisa dibeli lewat online shopping seperti shopee, lazada, instagram, dll. Harga termurah aku dapat di shopee yaitu seharga 98.000 rupiah. Foundation ini finishnya dewy (mengkilap), tapi bukan berarti berminyak! Karena meskipun foundation matte itu ngga kelihatan berminyak, kalau terlalu matte terkadang jadi agak flat dan nggak kelihatan natural.

5. Make Over Ultra Cover Liquid Matt Foundation IDR 100.000
At long last, produk dari Indonesia! jangan salah, aku suka beli produk kosmetik dari Indonesia kok :) Karena produk dari Indonesia, produk ini bisa dibeli di pasaran atau online dengan harga sekitar 100.000 rupiah. Foundation ini finishnya matte, dan terasa agak tebal di kulit (meskipun hampir semua foundation terasa tebal di kulit).


Primer

Untuk primer, gue campur macam-macam jenis primer (bukan cuma primer muka saja)

1. Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser IDR 90.000
My trusty primer/pore filler! Jadi primer ini fungsinya buat menyamarkan pori-pori di muka biar tampak mulus dan flawless setelah pakai foundation. Meskipun Maybelline udah ada lama di Indonesia, primer ini belum dijual di pasaran dan bisa dibeli di online shop seperti shopee, lazada, instagram, dll. Harga termurah aku dapat di shopee yaitu sekitar 90.000 rupiah. tips! setiap pemakaian ngga perlu banyak, sekecil kerikil saja cukup ;)

2. Wet n Wild Photo Focus Eyeshadow Primer IDR 70.000
Buat yang selama ini pakai eyeshadow tapi ngga tahan lama, atau warna-nya kurang tegas, jangan salahin eyeshadow-nya dulu! coba pakai eyeshadow primer sebelum pakai eyeshadow. Fungsi dari eyeshadow primer itu dua, bikin eyeshadow tahan lama dan warnanya lebih nyata. Primer ini dijual di pasaran (guardian, watsons) dan online, tapi kalau mau lebih murah bisa cek di online shop seperti shopee.

3. Wet n Wild Photo Focus Lash Primer IDR 85.000
Kalau misalnya lagi males pakai bulu mata palsu, salah satu alternatifnya bisa pakai lash primer. Jadi produk ini digunakan sebelum pakai mascara, yang fungsinya menahan curl dan membuat bulu mata terlihat lebih panjang. Produk ini dijual di pasaran dan online, tapi kalau mau lebih murah bisa dibeli di online shop :)

4. Wet n Wild Photo Focus Setting Spray IDR 80.000
Meskipun setting spray umumnya diaplikasikan setelah selesai memakai make-up, aku pribadi suka pakai setting spray sebelum pakai foundation (setelah skincare harian, bisa dicek disini). Fungsi setting spray adalah agar make up lebih tahan lama, dan kalau ditengah hari make up terasa cakey/kering-kering aneh, gue biasa pakai setting spray ke muka dan make up gue terasa fresh. Meskipun wet n wild sudah ada di pasaran Indonesia, produk ini belum dijual di pasaran dan hanya bisa dibeli di online shop.

5. Milani Eyeshadow Primer IDR 97.000
Sama seperti yang sebelumnya, eyeshadow primer berfungsi untuk membuat eyeshadow tahan lama dan mempertegas warna eyeshadow di mata. Eyeshadow primer ini favorit dari Youtuber emilynoel83 dan banyak review bagus tetang primer ini, meskipun sedikit lebih mahal dari eyeshadow primer dari wet n wild. Produk ini belum dijual di pasaran dan hanya bisa dibeli di online shop, dengan harga termurah 97.000 rupiah di shopee.

Concealer


1. LA Girl Pro HD Concealer IDR 40.000
Salah satu concealer yang bagus + terjangkau! banyak review positif buat concealer satu ini. Aku pribadi setidaknya pakai dua concealer, satu yang orange corrector untuk dark circle sekitar mata, dan yang warna kulit. Produk ini belum dijual di pasaran Indonesia dan hanya bisa dibeli di online shop. Harga bervariasi di tiap seller tapi sejauh pengamatanku semua harga masih dibawah 100.000 rupiah.

2. Maybelline Fit Me! Concealer IDR 90.000
Kalau sebelumnya untuk beli concealer ini harus lewat online shop, sekarang sudah bisa dibeli di counter Maybelline di Indonesia! Cuma harganya agak sedikit lebih mahal, sekitar 100.000ribu lebih. Concealer ini bentuknya cair dan gampang untung meratakannya. Harga termurah aku dapat di shopee dengan harga 90.000 rupiah per satuannya. Meskipun harga aslinya lebih dari 100.000, counter Maybelline kadang suka ngasih diskon dan dihitung-hitung satu produknya nggak sampai 100.000 :)

3. Nyx Dark Circle Concealer IDR 89.000
Untuk penderita daerah gelap di sekitar mata pasti mengerti gimana udah dandan lengkap tapi masih kelihatan capek karena sekitar mata masih gelap. Salah satu solusinya adalah cari concealer yang berwarna peach, dengan tujuan menetralkan warna biru atau ungu di sekitar mata. Aku belum cek di counter NYX produk ini dijual atau tidak karena aku beli di online shop. Harga termurah aku nemu sekitar 89.000-90.000 rupiah.

4. Etude House Kissful Lipcare Concealer IDR 48.000
Beda dengan concealer sebelumnya, concealer kali ini ditujukan untuk dipakai di bibir. Salah satu fungsi concealer ini adalah menetralkan warna bibir agar warna lipstick yang diinginkan makin terang/nyata. Kalau dari negara asalnya sendiri (Korea Selatan), concealer ini dipakai untuk membuat gradient lips dimana warna hanya diaplikasikan di bagian dalam bibir. Beberapa tutorial di internet bilang kalau pakai concealer biasa atau foundation saja sudah cukup, tapi aku pribadi mencoba pakai concealer biasa dan bibir terasa kering dan pecah-pecah, sementara kalau aku pakai lip concealer ini nggak membuat bibir kering dan pecah-pecah. Produk ini aku beli di online shop, dan sepertinya belum dijual di counter Etude House di Indonesia.

5. Etude House Big Cover Stick Concealer IDR 65.000
Untuk concealer kali ini bentuknya stick dan padat. Kenapa aku masukkan ke rekomendasi ini karena menurutku concealer jenis ini mudah dipakai untuk pemula atau orang yang sibuk. Aku pribadi pakai concealer ini untuk menyamarkan noda atau bercak di muka, karena aku nggak suka pakai concealer basah untuk menutupinya. Produk ini belum dijual di pasaran dan hanya bisa dibeli melalui online shop.

Kalau boleh jujur, sebenarnya masih banyak produk yang ingin aku rekomendasikan di post ini. Tapi karena aku juga khawatir kalau terlalu panjang jadinya tidak fokus, jadi untuk sekarang rekomendasiku sampai sini dulu! Seperti yang ditulis di atas, aku berencana untuk membagi rekomendasi make up di bawah 100.000 jadi beberapa bagian yang akan aku post di lain hari, so stay tuned!

Semoga bermanfaat!

With love,

Ai

2 komentar:

  1. Reviewnya bgs
    Boleh minta infox d shopee toko yg recommends apa ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo! maaf baru balas karena belum sempat buka blogger :) untuk shopee, menurutku banyak banget toko yang bisa dipercaya. Tapi trik aku adalah : star seller (seller terpercaya shopee) + diurut dari harga termurah. Aku juga sering beli dari beautycallindo, tntbeautyshop, etudehouseofficial, dll ;)

      Hapus